Rabu, 19 Oktober 2011

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat bebas dan terbuka. Bebas berarti tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. Sedangkan terbuka berarti bahwa sistem operasi Linux ini terbuka bagi siapa saja yang mau menggunakannya serta dapat dikembangkan oleh usernya.
Linux mudah digunakan, anggapan bahwa menggunakan sistem operasi yang sulit dan hanya digunakan khusus untuk para hacker adalah salah, penggunaan sistem operasi Linux hampir semudah penggunaan Windows

KELEBIHAN
Keamanan, penggunaan sistem operasi Linux bias dikataka sangat aman karena hampir tidak pernah diserang virus, Trojan, spyware, dll. Sistem operasi Linux sejak awal didesain multi-user yang mana apabila virus menjangkiti user tertentu, maka virus tersebut akan sangat sulit untuk menyebar dan menjangkiti user lain.
Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web open sourch as alternative sebagai pencarian informasi tentang alternative aplikasi Windows di Linux.

Perawatan data maupun perangkat keras lebih efisien
Linux relative stabil, meskipun prosesnya berjalan terus tanpa henti namun jarang terjadi hang pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux ini.
Linux mempunyai kompatibel ke belakang yang lebih baik (better backward compability).
Sukungan komunitas yang beragam dan menyebar di seluruh dunia, karena selain gratis Linux dapat dikembangkan dan dimodifikasi oleh usernya serta didistribusikan ulang.
Beragam pilihan, karena banyak distro yang bermunculan seperti Ubuntu, Debian, RedHat,dll yang dapat digunakan sesuai kebutuhan masing-masing.
Linux membutuhkan resourch yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal.
Linux dapat berjalan dalam dua mode,yaitu mode teks dan GUI.

KEKURANGAN
Banyak user yang belum terbiasa dengan penggunaan Linux dan masih enggan beralih dari Windows karena dukungan perangkat keras dari vendor yang tidak baik.
Proses instalasi aplikasi pada Linux tidak semudah di Windows karena apabila tdak terhubung ke internet atau tidak mempunyai CD/DVD repository-nya.
Bagi administrator yang belum terbiasa dengan Linux ini mau tidak mau harus mempelajarinya.
Aplikasi-aplikasi pada Linux belum seampuh aplikasi pada Windows.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar